Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir

Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir - Bagi anda warga Jakarta dan sekitarnya tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya banjir. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, akan banyak muncul genangan air di beberapa titik jalan ibu kota. Memang bisa dibilang sistem draenase ibukota tidak terlalu bagus sehingga muncul banjir dikala hujan. Namun kini  kita berharap banyak kepada pemerintah yang sedang terus mencoba untuk membenahinya.

Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir otomaksi

Banjir yang terjadi tentu sangat mengganggu dan menghambat mobilisasi kita sebagai pengguna jalan. Akses jalan yang tertutup genangan air tentu akan menghalangi jalan kita sebagai pengendara motor. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan khusus nya motor sangat rawan mogok ketika mesinnya terkena atau terendam air. Apalagi ketika busi motor sudah basah, maka akan sulit dikeringkan.

Nah pada kesempatan kali ini blog Otomaksi akan mencoba memberikan sedikit tips buat anda pengguna motor yang sering mengalami mesin mati karena terendam banjir.

Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir

Yang perlu anda perhatikan:

1. Jangan langsung hidupkan motor anda
Banyak orang yang langsung mencoba untuk menghidupkan motor mereka ketika mogok/mati karena banjir. Padahal ini justru salah karena akan semakin membuat motor anda tambah mogok.

Lalu bagaimana cara mengatasinya:

1. Lepas busi motor lalu keringkan
Pertama anda harus membuka busi motor anda, lalu coba keringkan dengan lap kering. Anda harus sedia kunci busi selalu di bagasi motor anda. Jika busi motor terlihat kotor, amplas juga agar bersih kembali dibagian ujungnya.

2. Kick-starter pada kondisi off
Saat busi anda lepaskan, coba kick starter (engkol) motor anda beberapa kali agar air keluar. Ini bertujuan agar mesin motor anda kering dari air.

3. Pasang busi yang sudah kering
Setelah busi cukup kering, pasang busi, tetapi jangan pasang dulu head busi nya. Lalu coba kick starter lagi hingga beberapa kali. Ini bertujuan agar api menyambar busi dan diharapkan busi akan kering betul.

4. Pasang head/penutup businya
Pasang head businya, lalu coba kick stater lagi 3 kali. Kemudian on kan kontak motor anda. Dengan cara ini motor anda akan bisa hidup kembali.

Sekian ulasan kami kali ini tentang Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir. Silakan anda coba tips diatas jika anda mengalami masalah pada motor yang terendam air. Semoga bermanfaat. Baca juga Tips menata barang di dalam mobil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengeringkan Mesin Motor yang Mati Karena Banjir