Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin Motor Mati

Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin Motor Mati - Indikator bensin pada motor dan mobil sangat lah berguna bagi pengendara karena fungsinya yang sangat vital meski bukan komponen utama dari mesin motor itu sendiri. Tanpa indikator bensin pun kendaraan anda masih bisa jalan, namuan tentu akan membuat anda kurang nyaman. Dengan adanya indikator bensin dapat mempermudah anda untuk mengecek seberapa banyak bensin motor anda yang tersisa. Bayangkan saja ketika anda lupa mengisi bensin dan ternyata motor anda kehabisan bensin tiba-tiba tentu akan membuat anda sangat kesal bukan.

Nah indikator bensin pada sepeda motor kadang mati atau rusak karena alasan tertentu, biasanya karena memang umur motor anda yang sudah tua sehingga komponen didalam indikator yang mati. Atau juga mati karena konslet atau sebab lain yang tidak kita ketahui.

Anda bisa memperbaiki sendiri pelampung pada indikator bensin motor anda yang rusak bro tanpa harus membawa nya ke bengkel. Otomaksi sudah menyiapkan ulasannya untuk anda dibawan ini.

Pertama cek dulu bagian indikator bensin yang rusak.


Kita harus memastikan bagian mana yang rusak, kalau di bagian pelampung nya, maka kita bisa memperbaikinya dengan mudah bro. Cara cek nya seperti ini.

Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin Motor Mati

1. Pertama silakan anda buka socket yang ke pelampung bensin di bagian atas tangki bensin, kemudian posisikan kontak motor anda ke ON.
2. Coba anda colok dan sambungkan kedua kabel socket, lalu lihat apakah indikator di speedometer bergerak atau tidak.
3. Kalau indikator di speedo tidak gerak, berarti kerusakan bukan pada pelampung nya, namun pada kabel di dalam speedo nya bro. Ini yang harus teliti. Dan kalau indikator di speedo bergerak, berarti rusak di pelampungnya. Oke paham??

Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin Motor Mati

Lanjut perbaiki pelampung di dalam tangki bensin


1. Caranya pertama silakan anda buka pelampung indikator bensin nya bro.
2. Jika sudah dibuka, lanjut lepas spi penahan kawat pelampung. lalu cabut kawat pelampung itu.
3. Nah disini anda akan melihat kabel tembaga yang tersambung ke batang pelampung. Umumnya kerusakan terjadi karena kabel tembaga ini aus sehingga terputus/tidak tersambung ke batang pelampung. Nah cara perbaikinya tinggal anda bengkokkan dan kaitkan lagi, agar lebih erat dan tidak copot, silakan di solder pakai tinor bro. Hati-hati saat menyolder diatas tangki, jangan sampai meledak tuh ya hehehe.
4. Nah lanjut pasang lagi semua komponen, cek dulu kabel disocket nya dan cek di speedo apakah sudah gerak. Kalau sudah silahkan pasang semua komponen. Sampe sini sudah selesai bro proses perbaikannya.

Nah begitulah cara memperbaikin pelampung indikator bensin motor kesayangan bro-bro sekalian. Sekian dulu ya, capek nih nulisnya. hehehe kita jumpa lagi di lain kesempatan. Cek juga cara memperbaiki shockbreaker yang mati dan cara mengatasi motor mogok karena banjir. Nuhun

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki Pelampung Indikator Bensin Motor Mati