Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

BBM Motor Anda Boros? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bensin atau bahan bakar merupakan suatu yang vital dalam proses pembakaran kendaraan bermotor. Tentu tanpa adanya bahan bakar kendaraan anda tidak akan mungkin dapat berjalan. Sistem pembakaran pada kendaraan bukannya tanpa masalah, terkadang kita menemukan masalah-masalah yang akhirnya berefek kepada konsumsi bahan bakar yang boros. Kira-kira apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros dan bagaimana solusinya? Dalam artikel kali ini kami akan mengulasnya secara tuntas.

BBM Motor Anda Boros? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab bbm motor boros 


1. Filter udara karburator tersumbat

Filter udara adalah salah satu komponen paling vital dalam sistem pembakaran kendaraan bermotor apapun. Filter udara ini berfungsi sebagai penyaring udara sebelum udara itu masuk ke dalam karburator untuk kemudian melakukan proses pembakaran. Apabila filter udara tersebut tersumbat atau kotor, akibatnya adalah jumlah udara yang masuk ke dalam karburator akan berkurang dan membuat pembakaran bahan bakar tidak berjalan sempurna yang berefek kepada konsumsi bahan bakar motor anda akan lebih boros.

Untuk cara mengatasinya umumnya sangat sederhana dan bisa dilakukan dirumah. Sapabila filter udara karburator motor anda hanya mengalami sumbatan atau kotor saja, anda bisa membersihkannya secara manual dengan menyemprot menggunakan udara bertekanan yang disemprotkan dari arah dalam keluar.

2. Pelampung karburator bermasalah

Pelampung karburator adalah salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai pengatur jumlah bahan bakar atau bensin yang masuk ke dalam mangkok karburator. Karburator yang tidak normal atau mengalami permasalahan pada umumnya akan menyebabkan aliran bahan bakar ke dalam karburator akan membludak dan tidak terkontrol. Hal ini akan menyebabkan karburator banjir dan akan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Untuk mengatasinya, anda cukup memastikan bahwa pelampung karburator kendaraan anda berada pada posisi yang tepat yaitu dengan memastikan bahwa jarum pelampung kendaraan anda dapat menutup saluran bensin dengan sempurna. Kemudian, pastikan juga bagian engsel pelampungnya dapat dengan baik menaik turunkan pelampung karburator kendaraan anda.

3. Rantai kendur

Banyak yang menyangsingkan bahwa kendurnya rantai pada motor akan berpengaruh pada borosnya konsumsi bahan bakar pada kendaraan roda dua itu. Tapi faktanya, kondisi rantai yang kendur memang dapat membuat konsumsi bahan bakar motor anda menjai lebih boros. Kondisi rantai yang kendur akan menyebabkan tenaga mesin berkurang karena perputaran roda akan menjadi lambat karena menunggu rantai mengencang terlebih dahulu.

Selain itu, kondisi gear dan mata gear yang aus juga dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar motor anda. Untuk mengatasinya anda bisa membenarkan posisi rantai dan juga membersihkan gear dan mata gear kendaraan anda.

4. Tekanan ban kurang dari spesifikasi motor

Walaupun memang efeknya tidak terlalu dirasakan, kondisi tekanan ban yang kurang dari spesifikasi motor juga dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar boros. Tekanan ban yang kurang pada umumnya akan menyebabkan laju motor terhambat karena mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa berjalan. Hal ini secara tidak langsung akan membuat bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan berjalan lebih banyak atau boros.

Cara untuk mengatasinya sebenarnya sangat sederhana, anda Cuma harus memastikan ban kendaraan anda memiliki tekanan yang cukup atau pas dari spesifikasi motor. Ini akan membuat laju motor menjadi lebih lancar dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi stabil dan tidak boros.

5. Rem menekan terus

Permasalahan ini umumnya hampir mirip dengan permasalahan tekanan ban diatas. Rem yang menekan terus-menerus otomatis akan menyebabkan laju motor terhambat yang menyebabkan motor membutuhkan tenaga dalam hal ini bahan bakar yang lebih besar untuk berjalan. Tentu saja hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan anda menjadi boros.

Untuk mengatasinya, anda cukup membenarkan settingan pada sistem pengereman motor anda. Pada umumnya, permasalahannya ada pada kampas rem yang menekan. Untuk membenarkannya sebenarnya cukup mudah. Tetapi untuk beberapa jenis motor memerlukan peralatan-peralatan khusus yang bisa anda temukan di bengkel-bengkel terdekat.

6. Lubang spuyer aus atau rusak

Seiring bertambahnya usia kendaraan anda, wajar jika ada beberapa komponen yang menjadi aus atau rusak. Kerusakan atau kausan pada lubang spuyer (main jet dan pilot jet) pada umumnya akan menyebabkan lubang kedua saluran itu menjadi lebih besar daripada umumnya. Hal ini menyebabkan volume bensin yang masuk kedalam silinder semakin banyak dan tentu saja berakibat kepada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Sayangnya, lubang spuyer yang terbuka lebih lebarini tidak bisa diperbaiki. Jadi jika kendaraan roda dua anda mengalami permasalahan ini cara satu-satunya untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti lubang spuyer tersebut dengan lubang spuyer yang baru.

Tips membuat konsumsi bahan bakar motor irit


1. Setel kopling dengan baik

Bagi anda yang memiliki motor berkopling, ada baiknya untuk selalu menyetel kopling motor anda dengan baik dan benar. Menurut kasus-kasus yang ada, setelan kopling yang terlalu keras ataupun sensitif dapat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

2. Tingkatkan pengapian

Setiap kendaraan bermotor pasti mempunyai sistem pengapian atau busi. Untuk membuat kendaraan anda menjadi lebih irit, anda bisa mengakalinya dengan menambah percikan busi dengan menambahkan booster koil atau koil racing. Silahkan lihat Macam-macam Busi, Cara Merawat Busi, dan Tanda Busi Rusak yang akan membantu anda. Selain membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit, booster koil atau koil racing tersebut tentu saja akan mebuat laju kendaraan anda menjadi leih cepat.

3. Kurangi beban motor

Walaupun mengangkat beban banyak pada motor terkesan irit, tapi ternyata motor yang sering mengangkut banyak beban malah akan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros dikarenakan mesin bekerja ekstra untuk dapat membuat motor berjalan.

4. Service secara rutin

Menservice kendaraan roda dua anda secara rutin juga dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Pada saat proses service, komponen-komponen yang sudah kotor dan aus yang dapat menyebabkan bensin boros akan dibersihkan. Selain itu, jika terdapat komponen-komponen yang mengakibatkan bensin boros juga bisa diketahui dan diatasi pada saat proses service.

Itulah informasi mengenai apa-apa saja yang biasanya menyebabkan kendaraan roda dua menjadi boros dan juga cara mengatasinya. Serta tips agar konsumsi bahan bakar motor anda tetap irit. Semoga ulasan diatas dapat menjadi bahan referensi bagi yang membutuhkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BBM Motor Anda Boros? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya