Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Cara Mengatasi Sistem Penerangan yang Bermasalah

Sistem penerangan merupakan salah satu komponen yang vital bagi semua kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Walaupun tidak berpengaruh terhadap permesinan, sistem penerangan merupakan salah satu penunjang keselamatan berkendara yang paling utama, terlebih jika kendaraan di pakai saat malam hari. Bahkan saking vialnya, pemakaian sistem penerangan sampai diatur dalam undang-undang.

Cara Mengatasi Sistem Penerangan yang Bermasalah

Oleh karena itu, akan sangat berbahaya jika sampai sistem penerangan pada kendaraan anda mengalami kerusakan. Selain dapat membuat penghilatan terganggu, kerusakan pada sistem penerangan juga sangat beresiko menyebabkan kecelakaan. Maka dari itu, menjaga sistem penerangan tetap prima wajb dilakukan oleh semua pemilik kendaraan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sistem Penerangan yang Bermasalah

1. Lampu kepala tidak menyala pada jalan gelap

Kondisi lampu kepala yang tidak menyala dengan baik pada saat digunakan di tempat atau jalan yang gelap bisa disebabkan oleh beberapa sebab. Yang pertama, sensor kontrol lampu otomatis yang terdapat pada kendaraan anda rusak atau terdapat gangguan yang menyebabkan lampu tidak menyala pada jalan gelap. Solusinya, anda bisa mengecek sensor otomatis kendaraan di bengkel-bengkel terdekat.

Permasalahan ini juga bisa disebabkan oleh tidak adanya sinyal dari alternator atau saklar rem parkir. Untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu memeriksa sinyal dari alternator atau saklar rem parkir kendaraan anda.

Selain itu, lampu yang kepala tidak menyala pada jalan gelap juga seringkali disebabkan oleh rusaknya relay utama DRL dan relay DRL pada kendaraan anda. Cara mengatasinya relatif mudah, yaitu dengan memastikan relay utama dan relay DRL kendaraan anda berjalan dengan baik.

Bila penyebab-penyebab diatas tidak ditemukan pada kendaraan anda, bisa jadi permasalahan kendaraan anda ada pada rangkaian kabelnya yang bermasalah sehingga menyebabkan lampu kendaraan anda tidak menyala. Untuk memperbaikinya anda bisa memperbaiki rangkaian kabel kendaraan anda secara manual.

2. Lampu tetap menyala pada saat terang

Kondisi lampu kendaraan tetap menyala pada saat terang tentu saja walaupun terlihat sederhana jika dibiarkan terlalu lama akan merugikan anda sendiri. Untuk memperbaikinya, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui sumber masalahnya. Pada umumnya, kondisi lampu tetap menyala pada saat terang disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1  Sensor kontrol penerangan otomatis rusak atau tidak berfungsi normal.
2. Sistem penerangan tidak dapat menerima sinyal dari alternator atau saklar rem.
3. Relay utama DRL dana tau relay DRL rusak atau tidak berfungsi normal.
4. Rangkaian kabel pada kendaraan anda rusak atau terdapat masalah.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, anda cukup mengecek kondisi bagian-bagian yang disebutkan diatas. Jika terdapat permasalahan, segera perbaiki bagian terkait atau jika diperlukan ganti dengan part baru sehingga sistem penerangan kendaraan anda bisa berfungsi dengan normal.

3. Lampu kabut tidak menyala atau berfungsi normal

Saat menghadapi jalan yang  berkabut, tentu adanya fitur lampu kabut akan sangat vital karena dapat membuat penglihatan lebih jelas. Oleh karena itu, jika lampu kabut anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, ada baiknya untuk segera mencari akal masalahnya dan memperbaikinya.

Lampu kabut yang tidak menyala atau berfungsi dengan normal dapat disebabkan oleh beberapa sebab, yang pertama adalah rusak atau putusnya sekering FOG. Untuk mengatasinya anda bisa mengganti sekering frog pada kendaraan anda.

Kemudian, bisa saja saklar lampu kabut dan saklar kontrol lampu kendaraan anda rusak. Hal ini juga dapat menyebabkan lampu kabut tidak menyala dengan baik. Solusinya, anda bisa memperbaiki atau mengganti saklar lampu kabut dan saklar kontrol lampu kendaraan anda.

Jika kendaraan anda tidak mengalami permasalahan diatas, maka bisa jadi permasalahannya ada pada lampu kabut yang putus atau rangkaian kabel penerangan yang rusak, Untuk mengatasinya, anda bisa mengganti atau memperbaiki lampu dan rangkaian kabel pada kendaraan anda.

4. Lampu indikator keamanan tidak menyala saat kontak ditarik

Walaupun terkesan sepele dan tidak mempengaruhi kinerja kendaraan secara umum, kondisi dimana lampu indikator keamanan yang tidak menyala saat kontak ditarik jika dibiarkan terlalu lama tentu saja kedepannya mempunyai kemungkinan untuk menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Permasalahan ini pada umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama dan yang paling umum terjadi adalah karena putusnya lampu indikator keamanan yang menyababkan lampu tersebut tidak dapat menyala. Solusinya adalah dengan memperbaiki lampu indikator keamanan tersebut dan apabila tidak memungkinkan anda bisa mengganti lampu indikator keamanan mobil anda di bengkel-bengkel terdekat.

Kemudian, permasalahan ini juga dapat disebabkan oleh tidak normalnya transponder key ECU yang menyebabkan sistem keamanan tidak dapat bekerja dengan baik. Anda dapat memeriksa transponder key ECU pada kendaraan anda untuk menyelesaikan masalah ini.

Tips menjaga sistem penerangan kendaraan

Untuk menjaga sistem penerangan kendaraan agar selalu bekerja dengan prima dan tanpa masalah, anda harus selalu memperhatikan selalu kondisi sistem penerangan kendaraan anda. Hal-hal yang dapat anda lakukan untuk membuat kondisi sistem penerangan kendaraan anda tetap prima antara lain adalah :

1. Cek secara rutin kondisi penerangan kendaraan anda. Hal ini penting untuk mengetahui sejak dini bila terjadi masalah.

2. Bila anda menemukan permasalahan atau merasa ada sesuatu yang tidak beres, jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada orang yang berpengalaman seperti montir atau lainya.

3. Jika anda sudah mengetahui akar permasalahan yang menimpa sistem penerangan kendaraan anda, jangan ragu untuk langsung memperbaikinya atau menggantinya apabila diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

4. Sebelum berkendara, alangkah baiknya memeriksa terlebih dahulu perangkat penerangan pada kendaraan anda yang mencakup batok lampu, lampu rem, lampu sein, relay, dan juga lampu fog dan sistem penerangan otomatis apabila kendaraan anda sudah memiliki kedua fitur tersebut.

5. Gunakan perangkat penerangan secukupnya sesuai dengan himbauan dan kebutuhan. Terkadang menggunakan perangkat penerangan dengan intensitas yang tidak benar dapat merusak sistem penerangan itu sendiri.

Demikian diatas informasi mengenai berbagai macam  masalah yang sering menyerang sistem penerangan pada kendaraan dan juga penyebab dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan itu. Semoga ulasan ini dapat membantu anda yang sekiranya sedang mengalami permasalahan terkait. Akhir kata, sekian dan terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Sistem Penerangan yang Bermasalah