Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Cara Menggunakan GPS di Mobil dan Mengoptimalkan Fungsinya

Cara Menggunakan GPS di Mobil - Di zaman mileneal ini, penggunaan GPS telah populer di kalangan masyarakat. GPS, yang merupakan kependekan dari Globa Positioning System ini banyak digunakan sebagai pedoman untuk mengetahui posisi seseorang atau suatu tempat.

Cara Menggunakan GPS di Mobil dan Mengoptimalkan Fungsinya

GPS terdiri dari dua macam, yaitu GPS navigasi dan GPS tracker. GPS navigasi digunakan sebagai penunjuk arah atau jalan, sedangkan GPS tracker umumnya digunakan untuk melacak posisi kendaraanl. Maka dari itu, GPS tracker ini biasanya di taruh pada tempat yang cukup tersembunyi.
GPS akan berjalan secara maksimal dan mudah apabila digunakan sebagai mana mestinya. Nah, berikut adalah tips/cara menggunakan GPS yang benar.

Cara Menggunakan GPS yang Benar

1. Bacalah Buku Pedoman

Hal yang paling dasar ketika akan menggunakan GPS adalah membaca buku pedoman. Buku pedoman akan selalu diberi setiap kali Anda membeli sebuah GPS. Sebelum mempraktikkannya, bacalah buku pedoman tersebut dengan teliti. Pahami setiap petunjuk dan alur penggunaan. Selanjutnya, bacalah juga keterangan tambahan yang berada di dalam buku tersebut supaya Anda tidak melakukan kesalahan saat pengoperasian GPS.

2. Menginstall GPS

Setelah membaca buku pedoman yang diberikan, selanjutnya yang tentu harus dilakukan adalah menginstall GPS. Ketika menginstall, jangan lupa untuk mengatur tanggal, waktu, beserta lokasi. Lokasi merupakan letak rumah Anda dan bukan lokasi mobil ataupun tempat lain. Ketika GPS sudah selesai diinstal, letakkanlah GPS tersebut pada dashboard mobil. Usahakan posisi GPS bisa dijangkau oleh penglihatan Anda agar dapat mempermudah membaca petunjuk atau arah ketika sedang mengemudi.

3. Aturlah Lokasi Tujuan

Aturlah lokasi tujuan Anda dengan benar supaya GPS dapat memberikan arah atau petunjuk dengan tepat. Perlu diingat bahwa mengatur lokasi tujuan harus dilakukan ketika Anda belum mengemudikan mobil. Dengan kata lain, sebelum berangkat Anda harus sudah mengatur lokasi tujuan pada GPS. Jangan coba-coba untuk mengatur lokasi tujuan saat mobil sedang dikendarai karena dapat mengganggu konsentrasi mengemudi Anda dan berisiko mengalami kecelakaan. Jika memang di tengah jalan Anda diperlukan untuk mengubah lokasi tujuan, ada baiknya Anda berhenti di dinggir jalan terlebih dahulu supaya lebih aman.

4. Charger GPS

Sebelum berpergian, Anda wajib memeriksa baterai GPS yang dimiliki. Anda disarankan membawa charger di dalam mobil sebagai cadangan jika GPS mati. Sebaiknya, setelah GPS selesai digunakan harus segera dicharge supaya jika akan menggunakannya lagi Anda tidak perlu menunggu hingga sistem penuh. Selain itu, jangan biarkan GPS tidak terisi dengan jangka waktu lama supaya awet dan tidak mudah rusak.

5. Atur Volume

Jika GPS yang Anda punya sudah dilengkapi dengan fitur audio, maka Anda juga harus mengatur seberapa keras suara yang akan terdengar. Usahakan volume yang ditetapkan berukuran sedang, tidak terlalu pelan karena berada di dalam mobil yang kadang bising dengan suara mesin atau terlalu keras sehingga menggangu konsentrasi. Dengan adanya fitur audio, para pengguna akan diberi keuntungan bahwa untuk melihat arah atau petunjuk lokasi tidak perlu selalu memusatkan mata pada GPS sebab Anda juga bisa mendengar petunjuk yang diberikan langsung. Hal ini tentunya juga akan menekan menurunnya konsentrasi saat berkendara.

6. Pilihlah Waktu Tercepat

Dalam sistem kerja GPS, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu waktu tercepat dan akses jalur terpendek. Sebaiknya Anda memilih menggunakan waktu tercepat sebab dengan begitu Anda akan diarahkan pada jalur yang umumnya digunakan untuk menuju lokasi tersebut. Sebaliknya, jika Anda memilih menggunakan akses jalur terpendek biasanya Anda akan diarahkan menggunakan jalur yang jarang dipakai dan tidak terjamin keamanannya, seperti jalanan di gang sempit dan sepi yang tidak pasti pula bisa dilewati atau tidak.

Cara Menggunakan Aplikasi GPS di Android

Selain GPS yang tersedia secara langsung untuk ditempel pada mobil, ada juga GPS yang sudah tersambung dengan handphone. Penggunaannya pun tidak terbilang rumit.

1. Langkah pertama, aktifkan terlebih dahulu pengaturan GPS dengan cara membuka menu setting lalu berpindah pada menu layanan lokasi. Kemudian, centanglah pilihan “Gunakan GPS” dan “Pencarian Lokasi” supaya GPS di handphone menjadi aktif.

2. Langkah kedua, setelah GPS sudah aktif bukalah aplikasi maps atau biasa disebut Google maps pada handphone. Jika Anda belum menemukannya, cobalah cek di Appstore untuk memastikan status pengunduhan.

3. Langkah ketiga, setelah maps dibuka, tekanlah tombol dengan lambang empat arah mata angin. Umumnya tombol ini berada di kanan bawah. Ketika tombol tersebut di tekan, maka GPS akan mendeteksi lokasi keberadaan Anda. Jika hasil deteksi menampakkan lingkaran lebar berwarna biru itu tandanya GPS tidak bisa mendeteksi keberadaan Anda dengan pasti. Maka dari itu, cobalah untuk berdiri di ruangan terbuka, di bawah langit.

4. Langkah terakhir, ketika posisi keberadaan Anda sudah berhasil dideteksi, tekanlah kolom search seperti kaca pembesar pada bagian atas. Masukkan lokasi tujuan Anda. Dengan begitu GPS akan menunjukkan arah dari tempat Anda menuju lokasi yang akan didatangi.

Cara Mengoptimalkan Fungsi GPS

Untuk mengoptimalkan fungsi dari GPS yang Anda gunakan, ikutilah cara-cara di bawah ini:

1. Mengeksplorasi Menu Point of Interest (POI)

Eksplorasilah menu Point of Interest yang ada pada GPS Anda dan selanjutnya pilihlah salah satu kategori yang tertera sesuai dengan hal yang ingin Anda ketahui.

2. Mencari Menu Point of Interest (POI) dengan Cara Manual

Ketika Anda sudah mengetahui nama jalan atau nama lokasi yang akan dituju, maka Anda hanya perlu memasukkan lokasi tujuan dengan menggunakan fitur kolom search yang sudah disediakan pada GPS dalam menu point o interest (POI).

3. Pilihan Terdekat atau Tercepat

Hal ini sebenarnya sudah dibahas pada poin cara menggunakan GPS. Kedua pilihan ini dapat membantu Anda mengoptimalkan fungsi dari GPS. Jadi, GPS memiliki sistem perhitungan tersendiri mengenai jarak dari lokasi Anda menuju lokasi tujuan. Umumnya, pilihan terdekat akan menampilkan rute jalan tanpa mementingkan persimpangan jalan, kelayakan jalan untuk dilalui kendaraan, atau keamanannya. Sedangkan pada pilihan tercepat akan memperhitungkan banyak faktor seperti keamanan, kelebaran jalan, kelayakan jalan, serta penggunaan jalan tol yang bisa dipilih.

Itulah cara menggunakan GPS dan bagaimana untuk mengoptimalkan fungsinya. Semoga keberadaan GPS dapat membantu dan mempercepat aktifitas manusia dalam kesehariannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan GPS di Mobil dan Mengoptimalkan Fungsinya