Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Ingin Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi? Perhatikan Hal Ini

Cara Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi - Seiring berjalannya waktu, kendaraan yang dulunya merupakan model terbaru dengan mesin yang gahar dan model yang trendi akan berangsur-angsur ketinggalan jaman dan mulai tidak nyaman lagi digunakan. Menurunnya peforma dan kenyamanan penggunaan memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi satu hal yang pasti terjadi, umur kendaraan memang tidak bisa dibohongi.

Cara Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi


Jika hal ini sudah terjadi, banyak orang akhirnya memilih untuk menjual mobil mereka untuk kemudian menggantinya dengan yang baru. Menjual mobil bekas terutama yang merupakan keluaran lama memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Setidaknya, anda perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu agar mobil anda dapat dilirik orang. Penasaran kira-kira apa saja cara agar kendaraan bekas menjadi lebih menarik sebelum dijual? Simak ulasannya berikut ini dan silahkan dipraktekkan.

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menjual mobil bekas

1. Cek seluruh bagian luar mobil

Sebelum masuk ke hal-hal yang lebih dalam seperti mesin dan interior, calon pembeli biasanya akan terlebih dahulu terfokus pada bagian luar mobil anda. Bagian luar mobil yang bersih, tanpa ada cat yang mengelupas, dan juga tak ada goresan tentu memiliki peluang lebih tinggi untuk dilirik oleh calon pembeli dengan harga yang tinggi pula.

Untuk itu, sebaiknya perhatikan dulu bagian luar dari mobil anda. Perhatikan juga bagian-bagian kecil seperti ban, spion, dan kaca. Tak jarang calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli suatu kendaraan disebabkan oleh hal-hal kecil seperti kondisi ban yang sudah jelek atau kaca film yang sudah agak buram.

2. Periksa kondisi mesin

Mesin adalah bagian yang paling vital dalam mobil dan mungkin adalah pertimbangan paling utama bagi kebanyakan calon pembeli mobil bekas. Sebelum memasarkan kendaraan bekas anda, ada baiknya untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi mesin mobil anda. Untuk benar-benar memastikan kondisi mobil anda dalam keadaan prima, ada baiknya untuk terlebih dahulu melakukan service. Hal ini terkadang penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pastikan juga hal-hal kecil seperti kelancaran starter, nyala lampu, nyala audio, fungi jendela dan pintu semuanya lancar dan aman. Jangan sampai impresi bagus yang sudah dibangun oleh tampilan dan peforma mesin mobil rusak karena hal-hal kecil tersebut.

3. Cek harga pasaran dan tentukan harga jual

Setelah mobil anda telah siap untuk dipasarkan, langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengecek harga pasaran mobil anda. Sekarang, banyak sekali platform yang dapat anda gunakan untuk mengecek harga mobil seperti contohnya situs-situs di internet, koran atau majalah otomotif, sampai dari penjual-penjual mobil atau showroom sekalipun.

Setelah mengetahui harga pasaran mobil anda, ada baiknya anda menghitung terlebih dahulu biaya-biaya perawatan atau perbaikan yang anda keluarkan sebelumnya untuk ‘mempercantik’ mobil anda. Hitunglah semua itu jangan lupa ditambah dengan kemungkinan tawar-menawar yang terjadi dan kemudian tentukan harga yang anda pasang untuk mobil bekas anda. Dalam hal ini, ada baiknya untuk menggunakan harga tertinggi terlebih dahulu.

4. Menentukan cara penjualan

Setelah yakin dengan kondisi mobil anda dan telah memasang harga yang cocok, kini anda sudah bisa memulai proses penjualan mobil bekas anda. Sekarang memang banyak sekali pilihan-pilihan yang tersedia untuk menjual mobil bekas. Mulai dari yang klasik seperti memasang tulisan “Dijual” di kaca mobil anda kemudian diparkirkan di jalan yang ramai atau mengikuti pameran mobil bekas sampai yang modern seperti penjualan secara online. Semua pilihan itu tersedia dan bebas anda pilih,
Pilihan-pilihan tersebut pada umumnya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri seperti misalnya penjualan lewat online relatif lebih sederhana karena anda hanya membutuhkan foto dan koneksi internet saja, tetapi kelemahannya adalah sulit untuk bertransaksi dengan calon pembeli yang berlokasi di tempat yang berjauhan.

Pilihan lain yang bisa anda coba apabila anda membutuhkan uang secara cepat atau anda tipe orang yang tidak mau ribet adalah dengan menjual mobil anda kepada showroom-showroom yang saat ini menjamur dikota-kota besar. Orang-orang showroom pada umumnya langsung akan mengecek kondisi mobil anda dan jika cocok akan langsung masuk kepada proses pembayaran.
Tetapi, menjual mobil bekas anda kepada showroom memiliki kekurangan yang cukup vital. Jarang sekali showroom yang membeli dengan harga yang menarik. Malah, tak jarang mereka akan menawar dengan harga yang jauh dibawah harga pasaran. Tentu hal ini bukan sesuatu yang aneh mengingat showroom selanjutnya akan menjual kembali mobil anda dan tentu saja mengharapkan keuntungan.

5. Jelaskan secara lengkap dan jujur tentang mobil anda

Dalam setiap transaksi khususnya mobil bekas, tentu pembicaraan mengenai kondisi dan rekam jejak barang yang bersangkutan tak dapat dihindari. Dalam hal ini, anda sebagai penjual bertugas untuk meyakinkan calon pembeli untuk kemudian membeli mobil anda berdasarkan penjelasan yang anda berikan.

Ada baiknya untuk selalu memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang kondisi mobil anda kepada calon pembeli. Ceritakan rekam jejak seperti riwayat pemeriksaan, service, hingga asuransi jika memang ada.

Jangan lupa tunjukan surat-surat anda. Buat calon pembeli percaya kepada anda dengan bersama-sama mengecek keaslian atau kesamaan surat-surat anda dengan nomer mesin yang terdapat di mobil. Dengan pelayananan dan informasi yang lengkap serta jujur, bukan tidak mungkin calon pembeli akan langsung mengiyakan penawaran anda tanpa melakukan nego terlebih dahulu.

6. Gunakan cara transaksi yang aman

Walaupun tergolong sebagai barang bekas, namun harga jual mobil bekas masih dapat dikatakan tinggi. Untuk itu, metode pembayaran yang digunakan untuk transaksi juga sebaiknya tidak boleh sembarangan.

Ada baiknya dalam hal ini anda sebisanya menghindari transaksi menggunakan uang tunai. Solusinya, anda dapat memanfaatkan fungsi bank dengan melakukan transfer ataupun dengan setor tunai melalui teller. Jangan lupa untuk membuat bukti pembayaran semacam kwitansi sebagai tanda sahnya transaksi yang anda lakukan tersebut.


Demikian adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum menjual mobil bekas anda. Semoga tulisan ini dapat membantu anda khususnya yang saat ini berencana untuk menjual mobil bekas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Menjual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi? Perhatikan Hal Ini