Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Penyebab Aki Motor Tekor dan Tips Agar Aki Tetap Awet

Penyebab Aki Motor Tekor - Aki atau baterai sebagai sumber yang menghidupi komponen-komponen seperti klakson, lampu, starter atau bahkan sistem pembakaran sekalipun memang penting adanya bagi hampir seluruh jenis kendaraan yang beredar saat ini. Karena efeknya yang sangat berguna itulah kondisi aki atau baterai kendaraan hendaknya memang selalu diperhatikan kesehatannya.

Penyebab Aki Motor Tekor dan Tips Agar Aki Tetap Awet

Tetapi, aki atau baterai merupakan salah satu komponen yang sangat sensitif. Bisa saja hal-hal sederhana yang anda lakukan kepada kendaraan anda berefek langsung terhadap aki atau baterai yang menjadi tekor atau boros. Kira-kira apa saja penyebab aki atau baterai kendaraan menjadi tekor atau boros? Dan bagaimana solusinya? Berikut kami sajikan ulasannya.

Penyebab aki motor tekor/soak

1. Memasang klakson custom

Memasang klakson custom memang mengasyikan. Memiliki kendaraan dengan bunyi klakson yang berbeda dari klakson-klakson lainnya memang unik dan merupakan sensasi tersendiri bagi beberapa orang. Tapi dibalik semua itu, ternyata memasang klakson yang tidak sesuai dapat menyebabkan aki tekor atau cepat habis. Kenapa? Karena klakson custom yang beraneka ragam itu pada umumnya membutuhkan konsumsi listrik dari aki atau baterai yang lebih besar dari klakson-klakson pada umumnya.

Untuk itulah sebaiknya jika tidak merupakan keperluan yang mendesak lebih baik menggunakan klakson standar saja. Karena selain mengehemat konsumsi aki, klakson standar juga pada umumnya lebih nyaman didengar bagi pengendara lainnya

2. Memasang lampu HID

Bagi anda yang hobi memodifikasi kendaraan anda pasti sudah tak asing lagi dengan lampu HID atau high intensity discharge. Lampu ini banyak disenangi para pencinta otomotif karena pada umumnya memancarkan cahaya yang lebih terang daripada lampu-lampu biasa.

Sayangnya, dibalik terangnya lampu ini yang bisa menambah kejelasan penglihatan penggunanya, lampu ini juga mengonsumsi listrik yang sangat besar. Oleh karena itu jika anda menggunakan jenis lampu ini siap-siap saja konsumsi aki atau baterai kendaraan anda menjadi tekor atau boros.

Untuk itu lebih baik menggunakan lampu bawaan kendaraan anda saja. Walaupun dari segi cahaya memang kurang terang jika dibandingan dengan lampu HID, lampu bawaan masih cukup terang untuk pemakaian sehari-hari dan juga bersahabat bagi aki.

3. Melakukan bore-up silinder

Memiliki tunggangan yang mempunyai kecepatan mesin tinggi mungkin merupakan impian beberapa dari anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah bore-up silinder yang bertujuan untuk menambah kapasitas silinder demi mendapatkan tenaga yang lebih besar.

Bore-up silinder ini memang telah terbukti ampuh untuk menambah tenaga kendaraan anda. Sayangnya, proses ini memiliki kelemahan yang cukup menganggu yaitu memakan daya listrik yang lumayan besar. Hal ini dikarenakan elektrik starter bawaan akan mengalami kesulitan untuk memutar mesin yang memiliki daya lebih besar dari normalnya. Untuk mengatasinya, anda bisa mengupgrade elektrik starter kendaraan anda sehingga bisa menyeimbangi kekuatan mesin kendaraan anda.

4. Kiprok rusak

Kiprok adalah salah satu komponen bagi sepeda motor yang memiliki fungsi untuk membatasi tegangan dari generator (spull) yang tergantung dari besarnya perputaran mesin yang terjadi pada kendaraan tersebut. Jika kiprok dalam kendaraan rusak, maka tegangan yang masuk kepada generator tidak ada yang membatasi dan seringkali terjadi overcharge. Overcharge ini tentu saja akan berdampak terhadap aki yang menjadi cepat habis.

Solusi dari permasalahan ini adalah dengan terlebih dahulu mengecek apakah tegangan pengisian berjalan dengan baik. Tegangan pengisian yang baik adalah sekitar 14-15 volt pada 4000-5000 rpm. Jika kurang atau berlebih, berarti ada permasalahan pada tegangan kendaraan anda dan lebih baik segera bawa kendaraan anda ke bengkel-bengkel terdekat.

5. Stop lamp rusak

Stop lamp adalah salah satu komponen keselamatan yang penting dimiliki oleh semua kendaraan. Stop lamp berfungsi sebagai pertanda pada saat rem diaktifkan. Terkadang ada kondisi dimana stop lamp mengalami error dan menyala terus menerus walaupun rem tidak dipakai.

Kejadian seperti ini terjadi, mungkin beberapa orang akan membiarkannya karena memang relatif tidak banyak berpengaruh. Tetapi faktanya stop lamp yang menyala terus menerus akan menyebabkan aki boros karena secara non-stop membutuhkan aliran listrik untuk tetap menyala. Cara memperbaikinya adalah mengecek apakah ada konslet yang menyebabkan stop lamp selalu menyala.

6. Kebiasaan tidak mematikan kunci kontak

Mungkin beberapa dari anda tak sadar sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat aki kendaraan anda boros dan cepat habis. Salah satunya adalah kebiasaan tidak memakai mematikan kunci kontak. Yang kerap kali terjadi adalah ketika pengendara motor berhenti untuk waktu yang tidak lama seperti mengambil barang yang tertinggal mereka tidak mematikan kunci kontak kendaraan mereka.

Ketika motor tidak digunakan tetapi kunci kontak tidak dimatikan, aki tetap mengalirkan listrik kepada komponen-komponen motor. Hal ini tentu saja akan membuat konsumsi aki menjadi boros dan cepat habis. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus dan setiap saat. Bisa dibayangkan aki yang terbuang percuma?

Tips merawat aki agar tetap awet dan irit

1. Panaskan kendaraan setiap hari

Memanaskan kendaraan setiap hari dalam jangka waktu minimal 5-10 menit dapat membuat kesehatan aki terjaga dan stabil. Karena pada saat motor dipanasi sistem pengisian juga akan mengisi aki.

2. Jangan banyak memodif kendaraan

Aki pada kendaraan telah didesain untuk mengaliri listrik dengan kapasitas sesuai dengan kendaraan tersebut. Dengan memodifikasi kendaraan, tak menutup kemungkinan komponen-komponen baru tersebut akan membutuhkan listrik yang lebih banyak daripada komponen aslinya.

3. Jangan gunakan starter elektrik apabila macet

Pada kondisi normal, starter elektrik hanya membutuhkan waktu 3-5 detik saja (bahkan ada yang lebih cepat) untuk dapat menghidupkan suatu kendaraan. Apabila starter elektrik macet, banyak orang yang biasanya tetap memaksa dengan menekan tombol starter. Faktanya, kondisi seperti ini dapat membuat aki boros karena menekan-bekan tombol starter akan banyak menyedot listrik aki.

4. Periksa kabel-kabel terminal

Pada saat melakukan perawatan rutin pada kendaraan anda, ada baiknya untuk mengecek kondisi kabel-kabel yang menghubungkan aki agar jika terdapat permasalahan-permasalahan seperti terdapat karat anda bisa dapt mengatasinya.

Demikian adalah ulasan mengenai penyebab-penyebab aki motor boros dan juga cara merawat aki agar tetap awet. Semoga ulasan ini dapat berguna bagi anda yang sekiranya mengalami permasalahan terkait.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Aki Motor Tekor dan Tips Agar Aki Tetap Awet