Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Permasalahan Umum Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya

AC adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Fungsi AC sebagai penyejuk bagian dalam mobil dari panasnya udara luar, merupakan komponen wajib untuk setiap kendaraan. Gampangnya, apakah anda bisa membayangkan melakukan perjalanan disiang hari di tengah teriknya matahari dan macet dengan mobil yang AC-nya bermasalah? Tentu bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya perjalanan anda.

Permasalahan Umum Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya

Dan karena fungsinya yang sangat vital tersebut, sudah sewajarnya AC mendapat perawatan khusus agar tetap bisa berfungsi dengan normal dan maksimal. Terlebih untuk  komponen yang usianya sudah tua, tentu sangat rentan dengan kerusakan, sehingga perawatan ekstra wajib dilakukan.
Permasalahan Umum Pada AC dan Solusinya
Nah, dari beragam jenis keluhan atau kerusakan pada AC, berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan yang kerap terjadi:

1. Bau busuk pada AC

Walaupun fungsi utama dari AC adalah untuk menyalurkan udara sejuk kedalam mobil, tapi tentu saja apabila udara tersebut memiliki bau busuk akan sangat merepotkan dan membuat penumpang tidak nyaman.

AC yang mengeluarkan bau busuk memang bukanlah kasus baru dan pada umumnya memang wajar ditemukan pada AC yang sudah berumur lama dan jarang dibersihkan. Bau busuk ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya jamur, bakteri, dan mikro organisme yang menumpuk pada sisi-sisi dashboard AC.

Untuk mengatasi permasalahan ini umumnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Anda cukup membersihkan bagian sisi-sisi dashboard AC kendaraan anda menggunakan anti bacterial treatments. Setelah bagian-bagian tersebut bersih dari kotoran yang menempel, bisa dipastikan AC kendaraan anda akan menghembuskan angin yang segar seperti semula.

2. AC kurang dingin

Seperti yang sudah disinggung diatas, tugas utama AC adalah membuat udara dalam kendaraan tetap sejuk dan dingin. Oleh karena itu, jika AC kendaraan anda tiba-tiba menjadi kurang dingin dan bertenaga, bisa jadi AC tersebut bermasalah.

AC kendaraan yang kurang dingin pada umumnya disebabkan oleh kebocoran refrigerant. Cobalah periksa bagian pipa, kondensor atau evaporator pada kendaraan anda. Bila anda menemukan adanya air, besar kemungkinan refrigerant kendaraan bocor. Kebocoran inilah yang menyebabkan AC kendaraan anda tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Beda cerita bila yang mengalami kebocoran ada pada bagian evaporator atau kondensornya. Bila kedua bagian tersebut bocor maka yang muncul adalah gas berwarna putih.

Penyebab lain yang kemungkinan menyebabkan permasalahan ini adalah kompresor yang sudah rusak atau magnet clutch yang tidak bekerja dengan baik. Kompresor yang sudah usang biasanya akan ditandai dengan munculnya bunyi ‘koklok’ yang mengganggu. Bila hal ini sudah terjadi, mau seberapa banyak anda mengisi refrigerant pun AC kendaraan anda tidak akan mungkin bisa dingin.

Penyebab AC tidak dingin yang terakhir adalah jumlah refrigerant yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Untuk mengecek jumlah refrigerant sebenarnya cukup mudah anda cuma tinggal memeriksa pada gelembung udara di sight glass kendaraan anda saja. Tetapi untuk hasil yang lebih pasti, anda bisa menggunakan alat pengukur tekanan udara.

3. Bunyi aneh pada AC

Munculnya bunyi-bunyi aneh pada suatu perangkat adalah pertanda jika ada yang tidak beres pada perangkat tersebut. Hal ini juga berlaku pada AC mobil anda. Bila AC mobil anda mengeluarkan bunyi-bunyi aneh, maka sebaiknya tidak usah piker panjang dan langsung membawanya ke bengkel-bengkel terdekat.

Munculnya bunyi aneh pada AC mobil pada umumnya adalah tanda-tanda kompresor yang sudah usang. Kompresor sendiri adalah bagian penting dari sistem AC mobil yang memiliki harga yang lumayan mahal (malah biasanya merupakan komponen paling mahal dalam sistem AC kendaraan-kendaraan pada umumnya). Oleh karena itulah, sebaiknya cepat-cepat menangani permasalahan ini daripada anda harus merogoh kocek lumayan dalam untuk mengganti kompresor dengan kompresor baru.

4. Tetesan di bawah mobil

Jika anda menemukan adanya cairan di bawah mobil anda, maka sebaiknya anda tidak usah panik dahulu. Kondisi seperti ini masih relatif wajar dan mudah diperbaiki. Sumber adanya tetesan di bawah mobil pada umumnya disebabkan oleh evaporator. Evaporator bertugas untuk menyalurkan air keluar mobil dengan menggunakan pipa-pipa yang dimilikinya. Bila pipa-pipa ini patah, alih-alih keluar air tersebut malah akan membasahi bagian bawah mobil.

Tips Membuat AC Mobil Awet

Seperti yang sudah sedikit disinggung di awal artikel ini, sistem AC pada mobil merupakan hal yang harus dirawat dan digunakan dengan benar agar tetap berada pada kondisi yang terbaik. Berikut ini adalah cara-cara agar AC mobil tetap awet:

1. Dihidupkan sepanjang waktu

Mungkin beberapa dari anda berpikir bahwa terkadang mematikan AC pada saat digunakan bisa membuat AC awet karena membiarkannya beristirahat. Faktanya, cara terbaik merawat AC kendaraan anda adalah dengan cara menyalakannya setiap waktu lho!
AC yang dihidupkan setiap waktu justru lebih sehat dikarenakan akan membuat refrigerant terus bersirkulasi. Refrigerant yang terdapat pada AC kendaraan pada umumnya sudah mengandung pelumas yang pada saat refrigerant berirkulasi sekaligus akan melumasi seluruh sistem yang bertujuan untuk mencegah kebocoran.

2. Bersihkan saringan udara

Saringan udara yang berfungsi memisahkan udara bersih dengan kotoran tentu saja seiring berjalannya waktu akan kotor. Walaupun memang efek negatifnya tidak bisa dirasakan dengan cepat, tetapi membersihkan saringan udara tersebut penting adanya.
Efek yang dapat ditimbulkan dari kotoran yang mengendap pada saringan udara adalah rusaknya evaporator pada sistem AC. Selain saringan udara, bagian lain yang harus diperhatikan kebersihannya dan dibersihkan secara berkala adalah selang karet yang terdapat pada pembuangan airnya. Selain itu, anda bisa memindahkan ujung selang agar tidak berdempetan langsung dengan knalpot.

3. Selalu servis secara berkala

Kebanyakan orang menunggu sampai terdapat masalah terlebih dahulu baru melakukan pemeriksaan pada AC kendaraan mereka. Padahal, bagian-bagian AC juga memerlukan perawatan secara berkala untuk menjaga peformanya agar tetap prima. Seperti contohnya filter dan kompresor yang merupakan bagian AC yang sensitif dan perlu dibersihkan dan diberi pelumas secara rutin.

Demikian adalah ulasan mengenai permasalahan-permasalahan umum yang kerap kali menimpa AC kendaraan dan juga solusi untuk menghadapinya. Semoga artikel ini berguna untuk anda yang sekiranya sedang menghadapi permasalahan terkait.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Permasalahan Umum Pada AC Mobil dan Cara Mengatasinya