Kupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan motor dan mobil kesayangan anda

Tips Mendapatkan Mobil Bekas yang Murah dan Berkwalitas

Mobil adalah salah satu model transportasi yang saat ini sangat diminati. Selain karena dapat memuat banyak orang, alasan lain memilih kendaraan roda empat ini karena kenyamanan yang ditawarkannya. Selain itu, tak dipungkiri bahwa memiliki kendaraan ini dapat menambah gengsi tersendiri bagi pemiliknya.

Tips Mendapatkan Mobil Bekas yang Murah dan Berkwalitas

Akan tetapi, seperti yang kita tahu, harga mobil bagi sebagian besar kalangan, tidaklah murah. Untuk itu, harus berpikir dua kali jika ingin membelinya. Dan solusinya, agar bisa mendapatkan mobil, dengan keterbatasan dana yang ada adalah dengan membeli mobil bekas, yang tentunya dengan kondisi yang masih bagus sesuai kemampuan dana yang dimiliki.

Membeli mobil bekas yang pas dan sesuai impian, memang bukan perkara mudah. Karena yang namanya barang bekas orang,  tentunya kita tidak bisa menjamin 100% barang tersebut. Baik dari sisi kwalitas ataupun performanya. Bisa jadi mobil yang tampak bagus dari luar, tapi performa mesinnya sudah tidak bisa diandalkan. Mungkin mobil sudah pernah nabrak, atau malah bekas terendam banjir.
Lantas, bagaimana caranya, agar bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi bagus, yang sesuai dengan harapan kita?

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas

1. Perhatikan tempat membeli

Saat ini banyak sekali pilihan bagi anda membeli mobil bekas impian anda. Salah satunya tentu yang paling mudah adalah dengan mengunjungi showroom-showroom penjual mobil bekas. Selain mudah dicari, karena sudah menjamur terutama di kota-kota besar, di showroom biasanya banyak sekali pilihannya. Jadi anda bisa lebih leluasa memilih mobil, dengan tipe, jenis, warna sesuai kesukaan dan dana yang anda punya.

Namun, seperti yang kita tahu, kelemahan saat membeli mobil pada showroom adalah masalah harga. Biasanya harganya akan lebih mahal dibandingkan harga pasar. Selain itu, catatan-catatan dan sejarah dari mobil juga biasanya tidak jelas atau lengkap. Hal ini juga berlaku apabila anda membeli mobil bekas melalui perantara.

Solusinya, anda bisa membeli mobil bekas secara langsung. Saat ini sudah banyak situs-situs penjualan mobil di Internet yang bisa disetel sesuai dengan kota tempat anda tinggal. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan karena selain harganya relatif lebih murah, anda juga bisa memastikan sejarah dan rekam jejak mobil yang ingin anda beli dari penggunanya langsung

2. Mengecek badan mobil

Sesudah anda menemukan mobil yang anda inginkan. Hal wajib yang tentunya harus dilakukan adalah mengecek kondisi mobil. Dan dalam hal ini dimulai dari bagian luar mobil dulu, sebelum masuk ke bagian dalamnya. Pastikan bagian luar mobil dalam keadaan mulus tanpa adanya goresan, bekas benturan, atau bagian yang peyok. Selain itu pastikan juga keadaan lampu, ban, kaca, hingga spion mobil tersebut. Pastikan tidak ada bagian yang dalam keadaan cacat atau rusak.

3. Mengecek mesin mobil

Setelah yakin dan mantap dengan bagian luarnya, kini saatnya anda mengecek mesin calon mobil anda. Pertama-tama, hidupkan mobil tersebut. Mobil yang berada dalam kondisi prima tentu saja akan dapat dihidupkan dengan lancar dan tanpa hambatan. Selain itu, perhatikan bunyi mesin pada saat mobil dihidupkan. Mesin baik tentu saja akan terdengar halus dan tidak kasar.

Setelah itu, anda langsung bisa mengecek kondisi mobil dalam medan sebenarnya dengan melakukan test drive. Perhatikan dengan baik bagaimana mobil merespon pada saat anda mengoper gigi. Pastikan tidak ada kendala dan lancar pada saat mengoper gigi. Perhatikan juga pada saat anda membelok. Pastikan mobil tidak terasa berat saat dipakai berbelok. Apabila terdapat permasalahan di bagian ini, sebaiknya anda berpikir dua kali sebelum lanjut membeli mobil ini.

4. Aksesoris dan interior

Puas dengan bagian luar dan peforma mesin bukan berarti anda langsung bisa melakukan pembayaran terhadap mobil incaran anda tersebut. Masih ada beberapa hal yang perlu dicek seperti kelengkapan aksesoris dan interior. Yang pertama harus anda perhatikan adalah bagian dashboard dan AC. Pastikan kedua hal tersebut bekerja dengan baik dan prima.

Perhatikan kualitas langi-langit mobil dan kondisi jok yang ada. Untuk jok, anda dapat menarik jok ke belakang dan mengecek pelapisnya untuk benar-benar memastikan kondisinya.
Setelah itu anda bisa mengecek kondisi kaca dengan mengecek apakah semua fungsinya berfungsi dengan normal. Terakhir, kondisi audio, radio atau fitur-fitur lain yang tersedia dalam mobil tersebut juga harus anda cek fungsinya.

5. Kelengkapan surat

Jangan sampai anda terkecoh dengan kondisi mobil yang mulus dan prima sampai-sampai anda menghiraukan kelengkapan surat calon mobil tersebut. Pastikan BPKB dan STNK mobil tersebut asli dan tercetak jelas. Kini, banyak sekali praktek-praktek illegal pemalsuan surat-surat kendaraan, jadi anda harus ekstra waspada.
Selanjutnya, pastikan nama yang tertera di dalam BPKB dan STNK mobil itu sama dengan pemilik mobil itu. Ada baiknya anda benar-benar memastikan hal ini untuk memudahkan administrasi pemindahan nama di masa depan.

6. Cek asuransi

Asuransi pada mobil adalah suatu hal penting karena memberikan perlindungan ekstra terhadap mobil apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Apabila mobil yang akan anda beli sudah memiliki asuransi, tentu itu merupakan keuntungan tersendiri bagi anda.

Perihal nama yang tertera pada asuransi tentu tidak menjadi masalah. Pada umumnya, asuransi dapat dipindahtangankan. Caranya pun relatif mudah. Proses pindah tangan tersebut langsung dapat diurus di perusahaan asuransi terkait. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen atau surat-surat yang diperlukan.

7. Cek fisik

Bagi anda yang merupakan tipe orang perfeksionis yang ingin semuanya benar-benar beres, anda bisa lebih memastikan calon mobil anda tersebut benar-benar aman dengan membawanya ke samsat terdekat untuk melakukan cek fisik.

Dengan melakukan cek fisik ini, anda benar-benar dapat memastikan bahwa BPKB dan STNK yang dibawa penjual benar-benar asli milik mobil tersebut dan tanpa masalah. Untuk melakukan cek fisik ini tentu saja membutuhkan izin dari pemilik mobil tersebut. Jangan pernah ragu untuk meminta penjual melakukan tes fisik. Apabila mobil tersebut benar-benar aman dan anda menunjukan itikad baik untuk membelinya, kemungkinan besar si pemilik mau melakukan tes fisik.

Demikian diatas ulasan mengenai tips sebelum membeli mobil bekas. Dengan mempraktekkan step by step tips diatas, anda bisa mendapatkan mobil bekas, dengan performa yang tidak mengecewakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mendapatkan Mobil Bekas yang Murah dan Berkwalitas